-->

3 Faktor Kesuksesan SEO

Sebenarnya 3 Faktor Kesuksesan SEO ini bukanlah faktor yang paling utama. Atau jika Anda ingin katakan ini adalah yang utama, monggo saja. Tidak ada kata salah ataupun benar dalam dunia SEO. Semua ilmu bisa Anda ciptakan, dan Anda terapkan untuk melihat keberhasilannya. Jika tidak berhasil, tinggal Anda ramu ulang, atau ciptakan yang lain. Simpel bukan? Tapi kenyataanya tidak. Jangan anggap remeh pekerjaan SEO, semua yang dilakukan butuh waktu dan kerja keras. Maka tidak aneh kalau banyak jasa SEO yang harganya terkesan “Mahal”. Hanya saja ada satu prinsip yang harus Anda pegang dalam dunia SEO. Apa itu? “Dalam dunia SEO Anda bisa ambil jalan pintas”.


Nah seperti judul di atas, kali ini kita belajar bareng ya tentang 3 Faktor Kesuksesan SEO. Setidaknya 3 faktor inilah yang banyak SEO Expert atau pakar SEO ajarkan kepada banyak orang dan juga murid muridnya. Tentu dengan kekhasan metode masing masing. Sekali lagi, masih banyak faktor faktor lain yang bisa menjadi penentu, termasuk doa.

Berikut ketiga faktor kesuksesan SEO yang saya maksudkan :

KEYWORD

Faktor pertama menurut saya yang paling penting adalah Keyword atau Kata Kunci. Ibarat kata dalam bisnis property, 'keyword' merupakan faktor paling penting dalam bisnis tersebut, yaitu LOKASI. Dalam dunia bisnis property Anda akan mendengar kalimat seperti ini : faktor yang paling menentukan property itu harus segera di ambil adalah lokasi, lokasi, dan lokasi. Sampai diulang tiga kali loh. Seperti nasihat Rosul kepada sahabatnya kala itu. Ibu, Ibu, Ibu. Pengulangan ini bertujuan untuk memberikan penekanan “betapa pentingnya”. Seperti itulah Keyword menurut saya.

Kenapa sampe disetarakan dengan faktor lokasi dalam bisnis property? Saya pastinya punya alasan dong sampe menulis seperti itu. Oke begini, beberapa alasan kenapa keyword menjadi penting dalam menentukan kesuksesan tehnik seo.
  1. Bagi pemain adsense ataupun advertiser lain pastinya paham betul kalo keyword punya andil besar yang bakal nentuin besaran CPC iklannya. Di sini keyword berperan senagai penentu harga.
  2. Bisa menggiring visitor. Kalo sudah mulai masuk pembahasan mencari keyword yang tepat, nanti Anda akan paham kenapa keyword bisa menentukan besaran visitor yang datang. Makanya jangan sampai salah menentukan. Dalam hal ini keyword berperan sebagai penentu besaran visitor.
Baca juga :

KONTEN (CONTENT)

Dalam duni SEO mungkin Anda pernah dengar istilah “Content is the king”. Pertanyaannya sekarang, ketika Anda baru mengenal dunia blogging, apakah Anda mengenal istilah itu? Apakah kemudian Anda akan membuat konten seperti seorang SEO expert dengan keyword density yang tepat. Pastinya tidak kan. Nah begitu juga saya ketika awal mengenal dunia blogging yang cuma punya satu tujuan yaitu ‘berbagi’.

Ketika saya tinggalkan blog tersebut selama 1 tahun, saya kaget bukan main ternyata blog saya sudah memiliki pengunjung hampir 150/day. Memang kecil, tapi blog ini cuma dikasih 5 backlink saja, salah satunya dari blog ber PR 2. Sudah itu saja. Selidik punya selidik ternyata blog saya tersebut punya keyword yang nangkring di banyak page one google. Bahkan ada 1 kw yang rangking 1 dan berhasil menggiring banyak visitor. Pada saat itu saya gak pake aturan “Content Is The King”.

Waktu berjalan lagi, dan saya mulai menggeluti yang namanya SEO. Gak terasa saya kemudian mulai percaya dengan jargon itu. Sampai sampai harus membayar seorang content writer untuk hal tersebut. Waktu berjalan lagi, sampai saya ketemu dengan keyword ‘Pakar SEO’, yang meruntuhkan jargon “Content Is The King”. Coba saja cek keyword tersebut. Beberapa SEO expert yang biasa disebut mastah nangkring di sana. Yang bikin wahnya, beberapa yang nangkring di atas, seperti gak niat atau cuma sekedar unjuk gigi saja. Ni salah satunya mastahseo.com dan pakarseojelek.wordpress.com. Silahkan cek masing masing, konten di dalamnya.


Bagaimanapun, tetaplah sajikan informasi yang berguna sebagai seorang blogger. Web Anda tidak hanya akan mendapat pengunjung namun juga memberikan informasi yang bermanfaat.

Baca juga : Tools Premium Murah Untuk Riset Keyword

BACKLINK

Belajar dari study case barusan (dari faktor konten [content]), saya ambil kesimpulan bawha backlinklah yang punya proporsi besar untuk menentukan kesuksesan SEO. Tidak bisa disangsikan lagi, faktor terakhir ini paling penting selain yang pertama untuk meranking web Anda di page one Google. Aturan untuk faktor ketiga ini adalah, “Jika Anda malas membuat konten, yang harus Anda lakukan adalah menambah backlink”.

Tentunya semakin banyak backlink yang Anda buat maka semakin bagus posisi web Anda. Asalkan... Ya ada asalnya, asal backlink yang Anda buat berkualitas! Pantengin terus makanya The-Anarchyta Blog dan dapetin terus info penting lainnya seputar SEO.